Guru Indonesia mempunyai karakteristik sendiri dibandingkan dengan guru negara lain. Berlatar belakang budaya menjadi salah satu faktornya
Selamat Datang di Blog GURU INDONESIA

LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH


LATIHAN SOAL-SOAL UJIAN SEKOLKAH

MAPEL : PKn


Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!

1.    Kerjasama ekonomi ASEAN contohnya . . . .
2.    Tanggal 23 – 24 Feb 1976 diadakan KTT ASEAN di . . . .
3.    Pasukan PBB dari Indonesia yang dikirim ke Vietnam adalah . . . .
4.    SEAMO adalah organisasi . . . .
 5.   Politik Indonesia yang bebas aktif tujuannya untuk . . . .
6.    Salah satu faktor yang mempengaruhi politik luar negeri Indonesia adalah . . . .
7.    Yang merupakan landasan idiil politik luar negeri Indonesia adalah . . . .
8.    Konferensi Asia Afrika di bandung diselenggarakan pada tanggal . . . .
9.    Salah satu tujuan Gerakan Nonblok adalah . . . .
10.  Pengggagas Konferensi Asia Afrika Tahun 1955 adalah perdana menteri . . . .
11.  Presiden dan Wakil Presiden dipilih oleh . . . .
12.  Penyelenggara Pemilihan Kepala daerah adalah . . . .
13.  Salah satu tugas MPR adalah . . .
14.       Yang mengawasi jalannya pemerintahan adalah . . . .
15.  Lembaga negara yang bertugas mengawasi pengelolaan keuangan adalah . . . .
16.  Pasal  UUD 1945 tentang  amnesti adalah . . . .
17.  Salah satu tugas menteri koordinator adalah . . . .
18.  Yang merupakan perangkat daerah adalah . . . .
19.  Menteri Luar negeri Singapura yang menandatangani deklarasi Bangkok adalah . . . .
20.  Tujuan dibentuknya ASEAN adalah . . . .
21.  BPUPKI dibentuk tanggal . . . .
22.  Sebutkan salah satu tokoh nasional yangmengajukan rancangan dasar negara . . . .
23.  Rumusan Pancasila yang dirumuskan Muhamad Yamin untuk sila pertama adalah . . . .
24.  Sebutkan salah satu nilai juang dalam merumuskan Pancasila adalah . . . .
25.  Sebutkan ketua dan wakil ketua PPKI adalah . . . .
26.  Rumusan Pancasila yang sah tercantum adalam . . . .
27.  Pemilihan Umumdi indonesia berasaskan . . . .
28.  Peraturan daerah perkotaan dibuat oleh . . . .
29.  Peraturan daerah provinsi dibuat oleh . . . .
30.  Organisasi adalah . . . .
31.  Pemerintahan desa dibantu oleh . . . .
32. Pemerintahan desa dipimpin oleh . . . .
33.  Pemerintahan kecamatan dipimpin oleh . . . .
34.  Kelurahan dipimpin oleh . . . .
35.  Tiga pimpinan kecamatan (Trpika) adalah . . . .
36.  Hak otonomi adalah . . . .
37.  Gubernur dipilih melalui . . . .
38.  Sebutkan salah satu tugas lemabag DPR adalah . . . .
39.  Sebutkan lembaga penyelenggara pemerintahan tingkat pusat adalah . . . .
40.  Kesenian wayang kulit dari provinsi . . . .

(Kunci jawaban mencari sendiri dengan membuka buku BSE PKn kelas IV, V, VI )


KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH


TAHUN PELAJARAN 2012/2013







                                                      Jenis Sekolah : Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah



                                                      Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)



                                                      Kurikulum : KTSP



                                                      Alokasi Waktu : 90 menit



                                                      Jumlah Soal : 50 butir



                                                      Bentuk Soal : Pilihan Ganda








No Kompetensi Dasar Materi Indikator Soal No
1 1.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam  susunan pemerintahan desa dan  pemerintah kecamatan. Desa, kelurahan dan kecamatan Peserta didik dapat menyebutkan salah satu perangkat desa 1
2 1.2. Menggambarkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan. Struktur pemerintahan kecamatan Peserta didik dapat menunjukkan struktur pemerintahan kecamatan. 2
3 2.1     Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan   pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi. lembaga pemerintahan kabupaten Peserta didik dapat menyebutkan salah satu perangkat daerah kabupaten 3
4 2.1     Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi. Struktur organisasi provinsi Peserta didik dapat menunjukkan struktur pemerintahan kabupaten 4
5 3.1     Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll. Lembaga negara tingkat pusat Peserta didik dapat menyebutkan tuga lembaga DPR. 5
6 3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri. Organisasi pemerintahan tingkat pusat Disajikan daftar lembaga negara ,peserta didik dapat menunjukkan lembaga negara penyelenggara  pemerintahan di tingkat pusat. 6
7 4.1     Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya. Pengaruh buruk globalisasi Peserta didik dapat menunjukkan pengaruh buruk dari globalisasi 7
Pengaruh positif globalisasi Peserta didik dapat menunjukkan pengaruh positif dari globalisasi 8
8 4.2     Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional. Budaya Indonesia dalam rangka misi kebudayaan international Peserta didik dapat menyebutkan contoh tim kesenian yang pernah tampil dalam misi kebudayaan internasional 9
9 4.3. Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya. Budaya asing yang tampil di Indonesia Peserta didik dapat menentukan sikap terhadap tampilnya budaya asing di Indonesia. 10
         
10 1.1.  Medeskripsi-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia Negara Kesatuan Republik indonesia Peserta didik dapat menjelaskan pengertian  NKRI 11
11 1.2.  Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Fungsi pancasila sebagai perekat persatuan bangsa Peserta didik dapat menyebutkan salah satu fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa 12
12 1.3.  Menunjukkan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Contoh perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI Peserta didik dapat menyebutkan contoh perilaku di  lingkungan masyarakat dalam mempertahan kan NKRI 13
13 2.1.  Menjelaskan pengerti-an dan pen-tingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.   Peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah Peserta didik dapat menjelaskan pengertian perundang-undangan 14
14 2.2.    Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.  Contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah Peserta didik dapat menunjukkan salah satu peraturan perundang-undangan tingakt daerah 15
15 3.1. Mendiskripsikan pengertian organisasi Organisasi Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tujuan organisasi 16
16 3.2.   Menyebut-kan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. Organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat Peserta didik dapat menunjukkan salah satu organisasi di masyarakat  17
17 3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah. Peran serta dalam memilih organisasi Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku yang tidak baik dalam organisasi di sekolah. 18
18 4.1.    Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama. Bentuk-bentuk keputusan bersama Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan salah satu bentuk keputusan bersama 19
19 4.2.    Memahami keputusan bersama.  Reaksi terhadap keputusan bersama Disajikan ilustrasi, siswa dapat menetukan sikap terhadap hasil keputusan bersama 20
21 1.1. Mendiskripsi-kan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. BPUPKI Peserta didik dapat menyebutkan kapan berdirinya BPUPKI. 21
Tokoh perumus Pancasila Peserta didik dapat menunjukkan tokoh perumus pancasila 22
Rumusan Pancasila Disajikan perumusan dasar negara, peserta didik dapat menyebutkan tokoh perumusnya. 23
22 1.2.  Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara. Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila Peserta didik dapat menunjukkan contoh semangat juang yang dimiliki Para Pejuang yang berperan dalam proses perumusan pancasila 24
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia Disajikan daftar  tokoh PPKI, Peserta didik dapat menunjukkan ketua dan wakil PPKI. 25
Piagam Jakarta Peserta didik dapat menunjukkan perbedaan rumusan Pancasila dalam Piagam Jakarta dengan UUD 1945 26
         
23 1.3. Meneladani nila-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan seharĂ­-hari Nilai juang para tokoh perumus Pancasila Peserta didik dapat menunjukkan salah satu nilai yang perlu diteladani dari sejarah perumusan Pancasila 27
Nilai-nilai luhur para pahlawan yang dapat diterapkan di lingkungan keluarga Peserta didik dapat menunjukkan sikap yang dapat diteladani dari nilai-nilai luhur pahlawan di lingkungan keluarga. 28
Nilai-nilai luhur para pahlawan yang dapat diterapkan di lingkungan sekolah Peserta didik dapat menunjukkan sikap yang dapat diteladani dari nilai-nilai luhur pahlawan di lingkungan sekolah. 29
24 2.1. Menjelaskan Proses Pemilu dan Pilkada. Arti dan asas pemilu Peserta didik dapat menyebutkan arti asas pemilu. 30
Proses pemilu presiden dan wakil presiden Peserta didik dapat menyebutkan pengusul calon pasangan presiden dan wakil presiden.  31
Pemilihan kepala daerah Peserta didik dapat menyebutkan penyelenggara Pilkada 32
25 2.2.Mendes-kripsikan lembaga-lembaga Negara Sesuai UUD 1945 MPR Peserta didik dapat menyebutkan salah satu tugas MPR 33
DPR Peserta didik dapat menjelaskan salah satu fungsi DPR 34
BPK Peserta didik dapat meyebutkan tugas BPK 35
26 2.3. Mendeskripsi-kan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daearah. Presiden Peserta didik dapat menjelaskan   hak amnesti  Presiden 36
Kementrian Negara Pesera didik dapat menunjukkan tugas menteri koordinator. 37
Pemerintah daerah Peserta didik dapat menyebutkan unsur pemerintahan daerah 38
27 3.1.      Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara. Sejarah ASEAN Disajikan daftar menteri ASEAN, peserta didik dapat menentukan menteri luar negeri pemrakarsa ASEAN 39
Tujuan ASEAN Peserta didik dapat menunjukan salah satu tujuan ASEAN 40
Kerjasama ASEAN Peserta didik dapat menunjukkan salah satu kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi 41
         
28 3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara Penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN Peserta didik dapat menyebutkan tempat pertama kali penyelenggaraan Konferensi Tinggat Tinggi I ASEAN 42
Peran Indonesia di Asia Tenggara Peserta didik dapat menunjukkan salah satu negara dia Asia Tenggara sebagai tempat tujuan pasukan perdamaian PBB dari indonesia 43
SEAMEO (South East Asian Minister of Education Organization) Peserta didik dapat menjelaskan  tujuan lembaga SEAMO 44
29 4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. Politik luar negeri bebas aktif Peserta didik dapat menyebutkan tujuan politik luar negeri 45
Faktor-faktor politik luar negeri indonesia Peserta didik dapat menyebutkan faktor politik luar negeri  46
Landasan politik luar neger Indonesia Peserta didik dapat menyebutkan landasan politik luar negeri Indonesia 47
30 4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional. Sejarah konferensi Asia Afrika Pesera didik dapat menyebutkan kapan dilaksanakannya Konferensi Asia Afrika 48
Tujuan Gerakan NonBlok Peserta didik dapat menjelaskan tujuan Gerakan Non Blok 49
Peran Indonesia dalam PBB Peserta didik dapat menyebutkan salah satu peran dalam perdamaian PBB 50